Selasa, 13 Maret 2012

Bab 2


- Local Area Network( LAN )
   Merupakan jaringan dengan area sangat kecil misalnya jaringan pada ruang lingkup sebuah bangunan. Jarak jangkauannya 10 km. Fungsi LAN sebagai satu jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer di dalam kawasan yang berbeda seperti di dalam kampus
- Metropolitan Area Network
   Merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN misalnya jaringan pada kawasan metropolitan atau satu kota. Jarak jangkauannya 80 km.

- Wide Area Network (WAN)
    Wide Area Network adalah jaringan yang mempunyai jangkauanarea sangat luas misalnya antara pulau, negara, benua, bahkan keluar angkasa.
- Modem
     Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data analog menjadi digital pada saat komputer mengambil data, atau mengubah data digital menjadi analog pada saat komputer mengirim data. Modem memiliki dua jenis yaitu, modem eksterlan dan interna.
    - Modem eksternal adalah modem yang di tempatkan di luad CPU.

    - Modem internal adalah modem yang di tempatkan di luar CPU
- Hubungan Leased Line
  Leased Line adalah jalur yang di gantikan fungsinya menjdi jalur internet 


- Hubungan Wireless
  Hubungan wireless sama dengan hubungan leased line. Perbedaannya terletak pada media yang di gunakan. Jika leased line menggunakan kabel telepon, maka wireless menggunakan gelombang radio

 - Hubungan VSAT
   VSAT memungkinkan terjadinya komunikasi data melalui satelit. Jangkauan hubungan VSAT sangat luas karena gelombang di kirimkan terlebih dahulu ke satelit luar angkasa.
 

- Hub Station
  Hub station mengontrol seluruh operasi jaringan komunikasi. Pada hub station terdapat sebuah server Network Management System yang memberikan akses pada operator jaringan.

- Outdoor unit
  Outdoor unit terdiri dari Antena dan RFT.
  Antena berfungsi untuk memancarkan dan menerima gelombang radio RF

  RFT di pasang pada frame antena dan di hubungkan secara internal ke feedhorn. RFT terdiri dari LNA dan SSPA
 LNA memberikan penguatan terhadap sinyal yang datang dari satelit

  SSPA memperkuat daya sehingga sinyal dapat di pancarkan.
- Up/Down converter
   Perangkat ini di kemas dalam satu kemasan, tetapi memiliki dua fungsi yang berbeda, yaitu sebagai up converter dan sebagai down converter.

- Topologi Ring


- Topologi Mesh


- Topologi Star
 
 
- Topologi Bus
- Topologi Pohon 
 

0 komentar:

Posting Komentar